Sabtu, 24 September 2011

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pengunjung Blog Anda



Dengan menggunakan Google Analytics Anda bisa tahu tentang aktifitas apa saja yang terjadi di dalam blog anda. Selain gratis, cara instal Google Analytics pun mudah. Anda harus menyediakan waktu untuk menganalisa GA setiap saat anda online di depan komputer anda. Berikut adalah 5 hal yang perlu anda ketahui tentang pengunjung blog anda:


1. Berapa Banyak Kunjungan dan Pengunjung Unik

Informasi tentang kunjungan dan pengunjung penting untuk anda analisa. Berapa banyak kunjungan yang datang dan kunjungan unik (unique visitor). Anda bisa menganalisa hal ini setiap saat untuk melihat progres-nya. Semakin bertambah angka-angkanya berarti perkembangannya bagus untuk blog anda.

2. Berapa Lama Mereka di Blog Anda

Ada banyak cara untuk tahu hal ini. Anda bisa melihat pada bagian "time on site" yang menyajikan data berapa berapa lama mereka bertahan di blog anda. Mulai dari detik, menit atau jam. Semakin tinggi durasi, berarti mereka betah dan tertarik berlama-lama membaca konten anda.

3. Darimana Pengunjung Anda Datang

Apakah anda mentarget pengunjung dari negara tertentu? Mungkin juga anda membidik market yang lebih spesifik lagi, misalnya wilayah dari sebuah negara tertentu? Anda bisa mengetahui pengunjung berasal dari negara atau wilayah tertentu. Dengan analisis anda bisa membidik market yang lebih luas atau justru disempitkan sesuai dengan market anda.

4. Lalu Lintas Sumber Rujukan

Berasal dari web apa pengunjung anda datang? Apakah dari mesin pencari Google, Yahoo atau Bing? Dengan keyword atau kunci apa? Situs apa yang telah mengirimkan pengunjung ke blog anda? Atau mereka datang langsung ke blog anda?

5. Perangkat

Dengan perangkat apa blog anda diakses pengunjung? PC, Laptop, atau Mobile? Dengan data ini anda bisa tahu perangkat apa yang digunakan pengunjung anda? Jika dari hp pengunjung anda sedikit, anda harus memperhatikan kecepatan loading blog anda. Anda harus membuat blog anda versi mobile yang mudah diakses lewat handphone.

Untuk anda blogger pemula, anda harus membiasakan diri setelah 3 bulan anda menjalani blogging dengan menganalisa Google Analytics. Tujuannya agar anda meningkatkan kualitas dari isi konten blog anda.

Oke sekian tulisan singkat ini, senang rasanya jika anda berkomentar untuk pos ini. Senang juga jika anda membaginya lewat jejaring sosial anda :-)

0 comments:

Posting Komentar